Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Kelembek dan Ketapang

Ketepeng (Cassia alata L.)

Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di pekarangan rumah atau lahan yang tidak terurus. Kandungan aktif dalam ketepeng antara lain aloe-emodin, asam krisofanat, resin, krisofanol, seng, dan asam oleat. 
Fungsinya untuk membunuh hama dan predator, seperti ular, kepiting, dan ikan buas.
Caranya, 4 kg daun dicacah halus dan dimasukkan ke dalam kolam seluas 100 m2. Bisa juga daun diremas-remas dalam ember berisi air dan disaring, air hasil saringan dimasukkan ke dalam kolam. Setelah 2 hari, predator akan mengapung, lalu air kolam diganti 2-3 kali hingga air tidak terasa pahit.

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

Kipahit (Picrasma javanica)

Tanaman ini dapat ditemukan di Timur Tenggara India sampai Asia Tenggara dan Solomon Islands. Kipahit mengandung quassinoid C22H30O6 (picrasma quassinoid) yang bersifat mengoksidasi dinding sel bakteri, tetrakain. 
Fungsinya membunuh bakteri penyebab TBC pada ikan air tawar. 
Caranya, 1 gram daun dicacah halus dan dicampur 1000 liter air untuk perendaman ikan yang sakit selama 3 jam.



Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press


DAPATKAN PROBIOTIK PERIKANAN INOVASI TERKINI
PEMACU PERTUMBUHAN + PENGOLAH KUALITAS AIR + PENGOBATAN IKAN
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...