PT. Medion : TMAO - Tempat Minum Ayam Otomatis

 Harga TMAO : Call Us



Cara Pemesanan Barang dapat dilakukan melalui SMS, Email, dan Facebook.
1. Kirim Pesan : Jumlah Barang, Jenis Barang, Wilayah (Kota/Kab.)
2.  Tunggu Balasan SMS Informasi Harga dan Biaya Pengiriman
3. Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi segera Pembayaran :
Jumlah Dana, Bank, Nama Barang, Alamat Lengkap
4. Kami akan segera memproses penerimaan dana dan mengirimkan barang secepatnya

Melayani Pengiriman Buku Peternakan ke seluruh Nusantara :Pulau Sumatra Nanggroe Aceh Darussalam NAD Daerah Istimewa Ibu Kota Banda Aceh Sumatera Utara Sumut Medan Sumatera Barat Sumbar Padang Bengkulu Bengkulu Riau Pekan Baru Kepulauan Riau Kepri Tanjung Pinang Jambi Jambi Sumatera Selatan Sumsel Palembang Lampung Bandar Lampung Kepulauan Bangka Belitung Babel Pangkal Pinang Pulau Jawa DKI Jakarta Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Jakarta Jawa Barat Jabar Bandung Banten Serang Jawa Tengah Jateng Semarang DI Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta Jawa Timur Jatim Surabaya Pulau Kalimantan Kalimantan Barat Kalbar Pontianak Kalimantan Tengah Kalteng Palangkaraya Kalimantan Selatan Kalsel Banjarmasin Kalimantan Timur Kaltim Samarinda Nusa Tenggara Bali Denpasar Nusa Tenggara Barat Mataram Nusa Tenggara Timur Kupang Pulau Sulawesi Sulawesi Barat Sulbar Mamuju Sulawesi Utara Sulut Manado Sulawesi Tengah Sulteng Palu Sulawesi Selatan Sulsel Makasar Sulawesi Tenggara Sultra Kendari Gorontalo Gorontalo Kepulauan Maluku dan Pulau Papua  Maluku Ambon Maluku Utara Ternate Papua Barat Sorong Papua Daerah Khusus Jayapura Papua Barat Daerah Khusus Manokwari

Meraup Untung dengan Manajemen Feeding dan Watering


Tujuan beternak adalah mendapatkan sebuah keuntungan. Keuntungan akan didapatkan jika ternak yang dipelihara mempunyai produksi dan kualitas telur tinggi atau pertambahan bobot badan cepat diikuti FCR (Feed Convertion Ratio) sesuai standar breeder. FCR adalah banyaknya ransum (kg) yang dikonsumsi untuk membentuk 1 kg daging atau telur. Sehingga jika ransum yang dikonsumsi tidak menghasilkan bobot badan atau telur, keuntungan akan sulit didapatkan. Ransum sendiri memegang investasi 70 % dari total biaya pemeliharaan ayam. Selain ransum, udara dan air minum juga merupakan kebutuhan ayam yang tidak bisa dipisahkan. Ketiganya berperan ibarat bahan bakar untuk menggerakkan motor, sehingga tanpa ransum, udara dan air minum maka ayam akan mati. Kualitas ransum dan air minum bisa dilihat dari nilai FCR. Nilai FCR sesuai standar breeder dapat dicapai dengan menerapkan manajemen pemberian ransum dan air minum yang tersistem dengan baik, yaitu manajemen yang dilakukan mulai dari alat yang digunakan, instalasi, teknik pemberian termasuk bagaimana perawatannya.

1. Peralatan yang digunakan
Kualitas tempat ransum dan air minum mempengaruhi tingkat konsumsi, oleh karena itu peralatan yang digunakan harus terbuat dari bahan yang tidak beracun, warnanya menarik, tahan terhadap panas dan asam, mudah dibersihkan dan tidak mudah pecah. Medion sendiri memproduksi tempat ransum dan air minum berbagai ukuran yang terbuat dari biji plastik murni, pewarna yang tidak beracun dan tidak mudah pudar, sehingga kualitasnya sama dengan tempat makanan yang digunakan manusia. 
 
2. Instalasi tempat ransum dan air minum
Instalasi tempat ransum dan air minum mempengaruhi tingkat munculnya penyakit dan konsumsi. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan torn tempat minum yang dipasang tanpa menggunakan pelindung di atasnya (genting) dan di setiap sisinya (anyaman bambu, plastik) ditemukan lapisan biofilm atau lumut yang lebih banyak. Biofilm oleh bakteri digunakan sebagai tempat berlindung dan berkembangbiak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam instalasi tempat minum dan tempat ransum adalah tinggi pemasangan, jumlah, jarak antar tempat minum dan tempat ransum (Gambar 1 dan Gambar 2).

 Gambar 1. Instalasi tempat minum otomatis/ TMAO
(Sumber : Dok. Medion)

Gambar 2. Instalasi tempat minum ND (Nipple Drinker 360) dan tempat ransum
(Sumber : Dok. Medion)

3. Kualitas ransum dan air minum
Kualitas ransum sebelum diberikan harus diketahui secara jelas. Kualitas fisik ransum minimal tidak kadaluarsa, tidak apek, tidak berkutu dan tidak berjamur. Kerap kali di peternakan layer mengalami keracunan karena kandungan aflatoxin dalam jagung. Munculnya aflatoxin dikarenakan kandungan air dalam jagung yang terlalu tinggi (standarnya 12-14%) dan penyimpanan yang tidak bagus. Selain kualitas fisik, kualitas kimia juga perlu diketahui, seperti kandungan protein, lemak, abu, serat, Ca, P, asam amino dan vitamin (Info Medion, 2010).
Kontrol kualitas sebaiknya dilakukan mulai dari penerimaan bahan baku, saat pembongkaran, penyimpanan bahan baku, proses pembuatan ransum dan penyimpanan ransum. Selain itu perlu menerapkan sistem FIFO (First In First Out), yaitu ransum yang pertama masuk dalam gudang maka digunakan yang pertama. Ransum bentuk pellet lebih tahan lama daripada bentuk mess. Ransum pellet bagus digunakan < 30 hari setelah diproduksi, lebih dari itu cenderung akan mengalami kerusakan (Infovet, 2009).
Ransum produksi non pabrik biasanya mempunyai kandungan nutrisi jauh dari kebutuhan ayam, tidak seragam secara fisik maupun kimia dan mudah rusak. Kondisi tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas untuk mengetahui kandungan nutrisi bahan baku ransum dan peralatan pembuatan ransum. Medion sebagai perusahaan yang mengutamakan kualitas dan pelayanan menyediakan jasa analisis kualitas ransum (Medilab) dan formulasi ransum.
Untuk mendukung kualitas ransum yang diproduksi oleh peternak, Medion menciptakan Top Mix yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan asam amino ayam. Top Mix dalam ransum akan meningkatkan efisiensi ransum, mempercepat pertumbuhan, meningkatkan dan memperpanjang masa produksi telur serta menekan angka kematian. Kandungan zinc bacitracin dalam Top Mix bekerja selektif menekan pertumbuhan bakteri usus yang menghambat proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kandungan mineral mix dan vitamin mix dalam Top Mix akan mempercepat pertumbuhan tulang dan meningkatkan kualitas kerabang telur, sedangkan asam amino akan membantu dalam pertambahan massa daging dan telur.
Kualitas air juga mempengaruhi produktifitas ayam. Air yang bagus mempunyai ciri-ciri fisik jernih, tidak berwarna dan tidak berbau. Kualitas kimia lebih pada kandungan logam berat dan pH, sedangkan kualitas biologik pada kandungan bakteri. Medion juga melayani jasa analisis kualitas air minum melalui Medilab. Penanganan air bermasalah bisa tepat, jika kualitas air sebelumnya sudah diketahui. Untuk menangani air yang terlalu basa atau asam bisa diatasi dengan Medimilk. Air yang bersifat sadah dan pH ekstrim diatasi sekaligus dengan Netrabil. Kandungan bakteri dalam air diambang batas bisa diatasi dengan Antisep, Neo Antisep, Desinsep dan Medisep.
Tabel 1. Kebutuhan tempat ransum dan tempat minum untuk 1000 ekor ayam
(Sumber : Dok. Medion)

4. Teknik pemberian ransum dan air minum
Teknik pemberian yang tepat akan memberikan tingkat efisiensi ransum, yaitu ransum habis tanpa ada yang tercecer. Sehingga secara tidak langsung biaya ransum dapat ditekan. Strategi yang dilakukan adalah memperhatikan waktu, frekuensi, jumlah pemberian, kondisi tempat ransum dan tempat minum, serta kondisi lingkungan.
Secara alamiah ayam makan sebelum matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Oleh karena itu porsi pemberian ransum hendaknya dilebihkan pada waktu tersebut (pagi ± 30–40%, malam ± 60-70%). Kondisi lingkungan yang panas akan mengurangi konsumsi ransum, sehingga pada siang hari kegiatan pemberian ransum tidak dilakukan atau dipuasakan.
Frekuensi pemberian ransum sebaiknya ditinggikan terutama pada ayam periode starter (8-9 x). Hal ini dikarenakan tembolok ayam belum terlalu besar, sehingga belum bisa menampung ransum dalam jumlah banyak. Selain itu peningkatan frekuensi pemberian juga akan merangsang ayam untuk mengkonsumsi ransum, kondisi ransum tetap segar dan menghindari ransum berjamur.
Jumlah ransum yang diberikan disesuaikan dengan umur dan jumlah ayam. Jumlah tempat ransum dan kepadatan kandang juga harus diperhitungkan. Tempat ransum yang disi terlalu penuh akan menyebabkan ransum tumpah dan resiko ransum cepat rusak. Untuk menghindari stres pergantian ransum, adaptasi dilakukan minimal 4 hari. Perbandingan ransum lama dengan ransum baru berturut-turut 70 % : 30 %, 50 % : 50 %, 30 % : 70 % dan terakhir adalah 100 % ransum baru.

Untuk meningkatkan imunitas unggas gunakan :

Lingkungan adalah faktor dominan yang secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan ayam, konsumsi ransum dan air minum. Kondisi kandang yang kurang pencahayaan, oksigen serta suhu dan kelembaban ekstrim akan menurunkan konsumsi ransum. Sehingga manajemen buka tutup tirai, pergantian sekam, pengelolaan feses harus dilakukan dengan sistematik dan terencana, terutama pada masa brooding.
Manajemen feeding dan watering adalah salah satu faktor yang menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan peternak. Kualitas ransum nomor 1 tanpa di dukung dengan manajemen yang baik, nilainya tidak akan dirasakan oleh ayam. Oleh karena itu manajemen feeding dan watering perlu diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh pemilik dan anak kandang.
Info Medion Edisi April 2011 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...