Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan Air Tawar : Lampesan dan Lidah Buaya

Lampesan (Scutellaria discolor Colebr.)

Jenis tanaman ini adalah tanaman tahunan yang hidup pada ketinggian 500-2400 m dpl. Tinggi lampesan dapat mencapai 120 cm. Tanaman ini tumbuh tegak di dalam hutan-hutan dan di tepi jalan. 
Kandungan aktifnya adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri
Fungsinya untuk meningkatkan kualitas air, menumbuhkan plankton, dan menurunkan pH. 

Caranya, 60 kg daun atau batang dicacah dan disebarkan ke kolam dengan luas 100 m2 untuk meningkatkan kualitas air. Untuk menurunkan pH air, 30 kg daun atau batang dicacah dan disebarkan ke kolam dengan luas 24 m2.
Selain cara diatas, bisa juga daun/batang dipotong-potong lalu dijemur selama 6 jam hingga layu, kemudian dimasukkan ke kolam selama 2-3 hari. Air akan berwarna kehijau-hijauan dan menumbuhkan fitoplankton. Cocok diaplikasikan ke pendederan ikan terutama gurame.
Untuk kolam baru yang terbuat dari semen, bisa juga diberi tanaman ini. Setelah air berwarna hijau kebiruan, batang segera diangkat, biasanya pH-nya menjadi netral.

Penggunaan herbal untuk pencegahan dan pengobatan penyakit pada ikan saat ini sudah banyak yang melakukan, namun masih banyak pembudidaya ikan yang masih ragu kebenaran akan kemanjuran herbal ini. Untuk itu, sudah merupakan tugas saya untuk mengungkap semua rahasia alami berdasarkan fakta ilmiah yang tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Obat Herbal untuk Kesehatan Ikan air tawar ini sudah melalui hasil penelitian dari institusi terpercaya di Indonesia. Tugas saya untuk memaparkan dan menyalurkan informasi hasil penelitian ini, dan kini tugas anda untuk mengungkapkan kebenaran hasil penelitian ini melalui budidaya perikanan yang anda tekuni.

Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya merupakan tanaman obat dari Hutan Kalimantan dan tumbuh baik di seluruh pelosok Indonesia. Tanaman ini mengandung alkaloid yang berfungsi membunuh bakteri penyebab borok/luka, keradangan, serta bengkak dan kemerahan.
Caranya, daging daun yang berwarna putih dicacah halus dicampur air, airnya digunakan untuk perendaman ikan yg sakit. Perendaman juga bisa dilakukan menggunakan daun yang telah diambil daging daunnya yang berwarna putih.

Temukan obat herbal lainnya di Artikel Obat Herbal Ikan.
Diskusi Pengobatan Ikan di Facebook : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=629810350409773&set=a.629809820409826.1073741828.206350232755789&type=1&relevant_count=1
Belajar Bersama - Maju Bersama !
www.majubersamaps.com

Sumber : Direktori Herbal Untuk Pengelolaan Kesehatan Ikan Air Tawar, IPB Press


DAPATKAN PROBIOTIK PERIKANAN INOVASI TERKINI
PEMACU PERTUMBUHAN + PENGOLAH KUALITAS AIR + PENGOBATAN IKAN
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...