PT. Medion : TEMBOLOK - Obat Mengatasi Gangguan Tembolok Ayam


Komposisi :
Sodium bicarbonate ............... 9%

INDIKASI :
Mengatasi gangguan tembolok








ATURAN PAKAI :
- Ayam Dewasa : sehari 3 x 30 ml dicekokkan langsung ke dalam mulut.
- Anak Ayam : sehari 3 x 10 ml dicekokkan langsung ke dalam mulut.
Tembolok dipijat sampai lunak, diusahakan isinya dimuntahkan, kalau perlu kepala diarahkan ke bawah.

TEMBOLOK PENUH

Di peternakan saya ditemukan kasus ayam yang ransumnya tidak dicerna dengan baik, sampai berat ransum mencapai 8 ons (jika ayam dibedah). Tetapi ayam itu hidup dan tidak laku dijual. Kemungkinan ransum tidak masuk ke tembolok dan kalau tergores ransum akan keluar dan ayam akan mati dalam waktu 3 hari. Bagaimana cara mencegah supaya tidak ada kasus ayam seperti itu lagi? Penyakit apa itu namanya? Bagaimana cara mengobatinya?

Jika posisi ransum yang kemungkinan tidak masuk tersebut berada di leher, tepatnya ditembolok maka kasus ini dinamakan pengerasan tembolok. Pada kasus ini biasanya tembolok membesar dan jika dipegang terasa keras. Penyebab pengerasan tembolok ini belum diketahui dengan pasti, namun beberapa faktor yang bisa menjadi pemicunya ialah :
-    Ada benda asing yang termakan oleh ayam (kawat, paku, dll)
-    Ransum yang sukar/tak dapat dicerna, misalnya ransum yang terlalu banyak mengandung jagung dalam ukuran besar
-    Protozoa, jamur atau cacing yang masuk ke dalam tembolok juga bisa mengakibatkan pengerasan tembolok
-    Pecahnya/putusnya beberapa jaringan elastis pada tembolok ayam sehingga menyebabkan tembolok menggelembung berlebihan. Hal ini ada kemungkinan karena penyakit genetik/keturunan.

Untuk mengatasi pengerasan tembolok dapat dilakukan dengan :
-    Menjauhkan atau menghindari ayam memakan benda-benda asing
-    Memberi tambahan grit di tempat ransum terpisah (terutama apabila ransum sukar dicerna, misalnya terlalu banyak mengandung jagung dengan ukuran besar)
-    Ransum yang terkontaminasi jamur sebaiknya tidak diberikan pada ayam, terlebih lagi ransum berjamur ini juga bisa mengakibatkan immunosuppressive (menurunkan sistem kekebalan tubuh)
-    Bila tembolok sudah mengeras, ayam perlu diberi Obat Tembolok sehari 3x2 sendok makan untuk ayam dewasa dan sehari 3x2 sendok teh untuk anak ayam. Tembolok kemudian dipijat sampai lunak dan diusahakan isinya dimuntahkan
Info Medion Edisi April 2009

Untuk meningkatkan imunitas unggas gunakan :



Cara Pemesanan Barang dapat dilakukan melalui SMS, Email, dan Facebook.
1. Kirim Pesan : Jumlah Barang, Jenis Barang, Wilayah (Kota/Kab.)
2.  Tunggu Balasan SMS Informasi Harga dan Biaya Pengiriman
3. Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi segera Pembayaran :
Jumlah Dana, Bank, Nama Barang, Alamat Lengkap
4. Kami akan segera memproses penerimaan dana dan mengirimkan barang secepatnya

Melayani Pengiriman Peternakan ke seluruh Nusantara :Pulau Sumatra Nanggroe Aceh Darussalam NAD Daerah Istimewa Ibu Kota Banda Aceh Sumatera Utara Sumut Medan Sumatera Barat Sumbar Padang Bengkulu Bengkulu Riau Pekan Baru Kepulauan Riau Kepri Tanjung Pinang Jambi Jambi Sumatera Selatan Sumsel Palembang Lampung Bandar Lampung Kepulauan Bangka Belitung Babel Pangkal Pinang Pulau Jawa DKI Jakarta Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Jakarta Jawa Barat Jabar Bandung Banten Serang Jawa Tengah Jateng Semarang DI Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta Jawa Timur Jatim Surabaya Pulau Kalimantan Kalimantan Barat Kalbar Pontianak Kalimantan Tengah Kalteng Palangkaraya Kalimantan Selatan Kalsel Banjarmasin Kalimantan Timur Kaltim Samarinda Nusa Tenggara Bali Denpasar Nusa Tenggara Barat Mataram Nusa Tenggara Timur Kupang Pulau Sulawesi Sulawesi Barat Sulbar Mamuju Sulawesi Utara Sulut Manado Sulawesi Tengah Sulteng Palu Sulawesi Selatan Sulsel Makasar Sulawesi Tenggara Sultra Kendari Gorontalo Gorontalo Kepulauan Maluku dan Pulau Papua  Maluku Ambon Maluku Utara Ternate Papua Barat Sorong Papua Daerah Khusus Jayapura Papua Barat Daerah Khusus Manokwari

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...