Menangani Stres pada Ayam akibat Suhu Panas

Pada saat suhu lingkungan tinggi maka ayam sangat sulit mengatur suhu tubuhnya sehingga terjadi penurunan asupan pakan atau feed intake serta meningkatnya konsumsi air minum. Tentu saja kondisi itu dapat berpengaruh terhadap produktivitas ayam tersebut.

Saat suhu tinggi, perkembangan bibit penyakit di dalam paralon air minum menjadi lebih cepat. Oleh karenanya jadwal pembersihan dan desinfeksi saluran air minum sebaiknya ditingkatkan. Begitu juga desinfeksi kandang. Saat ada ayam pilih desinfektan yang aman, seperti Antisep, Destan, Rodalon. Jika di dalam saluran air minum telah terbentuk lapisan atau kerak (disebut biofilm yang merupakan tempat perkembangan bibit penyakit yang baik) sebaiknya dilakukan flushing (mengalirkan air bertekanan) dengan melarutkan hidrogen peroksida (H2O2) 15-20 ppm, asam sitrat 1,5-2 g/l atau asam cuka 8 ml/l, karena pada kondisi banyak terdapat biofilm, senyawa desinfektan tidak dapat bekerja secara optimal. Pemberian Electrovit vitamin plus elektrolit, C-San vitamin C konsentrasi tinggi, Bio-Chicks antibiotik plus vitamin, Pemberian probiotik plus herbal Jampistresa atau Promix dapat membantu menangani stres pada ayam. Hindari pemakaian vitamin yang mengandung antibiotik agar probiotik dapat bekerja sempurna.

Kondisi stres panas merupakan suatu bentuk reaksi fisiologis, biokimia, dan tingkah laku terhadap perubahan lingkungan seperti peningkatan suhu lingkungan. Stres merupakan ungkapan umum tentang penyesuaian fisiologis dan perilaku seperti perubahan denyut jantung, respirasi, temperatur, dan tekanan darah yang terjadi jika ternak mengalami kondisi yang merupakan stressor. Pada saat suhu lingkungan tinggi maka ayam sangat sulit mengatur suhu tubuhnya sehingga terjadi penurunan asupan pakan atau feed intake serta meningkatnya konsumsi air minum. Sebagai tanda biasanya terlihat dari tingkah laku ayam yang terengah–engah (panting). Hal ini disebabkan sebagian besar cadangan air dalam tubuh ayam digunakan untuk menetralisir suhu yang ada dalam tubuhnya. Tentu saja kondisi itu dapat berpengaruh terhadap produktivitas ayam tersebut.

Selain itu,stres pada ayam dapat menyebabkan immunosupresif (menekan sistem kekebalan tubuh) sehingga agen-agen penyakit lainnya dengan mudah dapat menyerang tubuh ayam.  Stres juga menurunkan khasiat vaksinasi, daya tahan hidup ayam, asupan pakan dan pertambahan bobot badan ayam.

Hal–hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian akibat stres panas yaitu dengan mengubah jadwal pemberian pakan. Jadwal pemberian pakan dapat dilakukan saat cuaca tidak terlalu panas yaitu pada pagi dan sore hari. Pemberian cairan elektrolit dan cairan asam juga dapat mengantisipasi dampak negatif dari kondisi tersebut.

Terkait hal tersebut diatas, Acid Pak 4 Way Liquid dari Alltech dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi stres pada ternak, termasuk stres panas.  Acid Pak 4 Way Liquid merupakan suplemen yang di dalamnya terdiri atas acidifier dan probiotik sertadilengkapi dengan enzim dan elektrolit. Dengan kombinasi beberapa bahan baku tersebut, menjadikan Acid Pak 4 Way Liquid dapat memberikan solusi lengkap untuk masalah stres pada ternak.

Selain dapat mengurangi stres, Acid-Pak-4-Way Liquid berfungsi dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memaksimalkan pemecahan serat sehingga akan didapatkan performa yang maksimal. Elektrolit yang terdapat dalam Acid-Pak-4-Way Liquid berfungsi memelihara keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Asam organik berfungsi memberikan lingkungan ideal dalam pencernaan untuk pertumbuhan bakteri yang bermanfaat. Penambahan enzim dan bakteri asam laktat dengan cepat membantu ternak untuk proses pertumbuhan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh M. Kaewsutas di Bangkok Thailand terbukti bahwa penggunaan Acid Pak 4 Way dapat menurunkan kematian sebesar 1,5% dan memperbaiki FCR hingga 0,17 poin. Hal ini diakibatkan oleh penurunan tingkat stres pada ayam sehingga ayam dapat berproduksi secara optimal.

Aplikasi Acid Pak 4 Way Liquid cukup mudah yaitu dicampurkan ke dalam air minum sebanyak 2 ml liter dan dapat menggantikan penggunaan vitamin dan cairan anti stres lainnya sehingga dapat memberikan efek ekonomis yang signifikan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...